Sabtu, 27 Desember 2014

7. More (Short) Modeling! #2

Setelah sebelumnya telah dibahas beberapa tool seperti align, duplicate special, dan modeling tool extrude, sekarang saya akan membahas cara membuat tangga sederhana dengan menggunakan extrude tool.

Langsung saja.


Pertama pilih Create > Polygon Primitives > Cube []. Klik bagian kotak disamping kanan dari label "Cube" untuk mengakses option box. Lalu akan muncul bagian tool settings seperti ini :

Anggap saja kita akan membuat tangga yang memiliki 5 anak tangga. Maka set parameter width atau depth bernilai 5, dan tinggalkan height bernilai 1.

Lalu buatlah dasar dari tangga. Usahakan lebar dari setiap anak tangga sama (dalam tutorial ini lebarnya 2 petak), dan tinggi satu petak. Untuk memudahkan dapat digunakan Snap To Grids, dengan cara klik tombol ..... atau sambil menahan X ketika membuat objek.

Setelah selesai, ganti ke components mode Face. Klik sisi anak tangga ke-2 lalu buka Edi Mesh Tool > Extrude Tool []. Pastikan telah memilih menu set Polygons. Maka akan muncul window Extrude Tool Options.

Set Division = 1; dan Thickness = 1; lalu klik Extrude. Maka akan muncul satu blok lanjutan di face yang dipilih.

Lakukan hal yang sama berulang-ulang pada tiap anak tangga, dengan setiap bertambah lebih tinggi, face tersebut ditambah jumlah extrude-nya.


Kiranya seperti itulah membuat tangga yang sangat sederhana, dengan hanya menggunakan extrude tool. Kita juga telah mempelajari fungsi lanjutan dari setiap tool melalui Option Window.

Well, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar