Sabtu, 01 Maret 2014

1. Pengenalan matematika dan vektor 3D

Kali ini saya akan memulai dan membuka bab pertama dari Tutorial Autodesk Maya. Series to be 3D Artist. Dalam bab Introduction kali ini, saya akan membahas tentang matematika dasar 3D dan juga fisika dasar, seperti : sumbu XYZ, Vektor 3D, dan lain lain.

Matematika dasar dan Vektor 3D

1.  XYZ

Seperti diketahui bahwa dunia 3D terdiri dari 3 dimensi. Disini sumbu XYZ mewakili tiap dimensi yang ada, seperti X = Panjang, Y = Tinggi, dan Z = Lebar. Tetapi ada juga yang memakai Y sebagai lebar dan Z sebagai tinggi. Sedangkan untuk vektor 2D, sumbu yang sering dipakai adalah XY, YZ, dan XZ.
Dalam contoh gambar, suatu vektor a dibawa ke tiga vektor, sehingga mejadi ax, ay, dan az. Perkalian cross antara ax, ay, dan az membuat vektor baru yaitu vektor a. Pengaplikasian vektor XYZ dapat dilakukan di semua besaran fisika yang bersifat vektor, seperti : kecepatan, percepatan, dan gaya.

2. Posisi, rotasi, ukuran dan pusat sumbu.
Setiap benda di dunia ini pasti punya posisi tersendiri. Posisi tersebut bersifat vektor, sehingga posisi dinyatakan menggunakan sumbu XYZ. Untuk memudahkan, posisi juga disebut koordinat. Dalam matematika dasar, koordinat 2D dinyatakan dengan (x, y), sedangkan dalam 3D dinyatakan dengan (x, y, z). Tetapi didalam software ini, koordinat benda dapat di lihat dan di edit dalam tabel. Dalam tabel tersebut, translate menyatakan koordinat benda disetiap sumbu, rotate menyatakan besarnya putaran benda di sumbu tertentu, dan scale adalah perbesaran atau pengecilan ukuran benda dalam sumbu tertentu. Dalam gambar, Translate XYZ bernilai 0 yang berarti benda berada tepat di tengah-tengah bidang XYZ, Rotate XYZ bernilai 0 yang berarti benda belum diputar sama sekali di semua sumbu. Sedangkan Scale XYZ yang bernilai 1 berarti benda memiliki ukuran yang sama dengan ukuran asalnya, jika Scale XYZ = 2, maka benda akan berukuran 2 kali ukuran benda aslinya. Hal ini mirip dalam pelajaran optik kelas 8 SMP, dimana pembesaran (M) yang jika M<1 maka benda diperkecil dan jika M>1 maka benda diperbesar.

Oke, saya rasa materi dasar tersebut telah cukup untuk mempelajari Autodesk Maya. Materi selanjutnya akan saya post saat ada waktu luang. Bila ada salah kata dan ketik mohon di berikan kritik dan saran dalam komentar. Terima Kasih!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar