Minggu, 08 Juni 2014

4. Introduction to Modeling

Kali ini kita akan mulai membuat objek objek 3D. Bab ini secara khusus disebut Modeling. Secara umum dalam software 3D dikenal 2 jenis objek, yaitu : Polygon Mesh dan NURBS Surface. Untuk kali ini kita akan mulai dari polygon mesh, atau kedepannya akan disebut mesh. Langsung saja kita mulai

Basic objects

Ada berbagai macam objek dasar yang dapat kita buat, seperti : bola, kubus, kerucut, torus (donat) silinder, dll. Objek-objek ini dapat ditemukan pada menu Create -> Polygon Primitives. Untuk membuat model tersebut, pilih bentuk objek yang akan dibuat lalu buatlah objek tersebut pada workspace. Sebagai contoh untuk kubus pertama klik label Cube pada submenu polygon primitives.
1

Klik, tahan dan geser kursor pada workspace untuk membuat alasnya.
2
3

Lalu, klik tahan dan geser ke atas untuk mengatur tingginya lalu lepas. Maka kubus tersebut sudah jadi
4
5
Untuk membuat model / bentuk yang lain langkah-langkahnya mirip seperti yang diatas, hanya proses membuat objek di workspace yang berbeda. Jika anda bingung akan ada hint untuk membuatnya, seperti pada gambar 2 dan 4

Komponen objek
6
Setiap objek pasti punya komponen penyusun objek tersebut, dalam matematika dikenal sebutan verteks, rusuk, sisi, dll. Komponen objek yang dimaksud disini adalah verteks dari objek, rusuk dari objek, dan sisi dari objek tersebut. Verteks secara ringkas adalah titik yang digunakan untuk membuat objek. Jika dua buah verteks dihubungkan maka terciptalah rusuk, dan jika beberapa rusuk dirangkai akan membentuk sisi. Sisi dalam hal ini masih berupa objek 2D, sehingga bila kita menggabungkan beberapa sisi maka akan terbentuk objek 3D. Pada gambar 6 dapat dilihat bahwa suatu benda dapat dipecah menjadi vertex, edge (rusuk), face (sisi), dan object mode. Untuk mengakses menu ini cukup klik kanan dan tahan pada objek dan gerakkan kursor sedikit, maka menu tersebut akan muncul. Jika kita memilih menu verteks (menggerakkan kursor ke menu vertex lalu melepas tahan) maka kita akan bisa memilih verteks atau titik sudut dari objek tersebut.




Kegunaan dasar dari komponen ini adalah kita dapat mengubah bentuk dasar dari objek tersebut. Sebagai contoh jika kita memilih vertex dan mengubah posisinya, maka kubus tadinya akan berubah bentuk. Edge dan Face dari objek juga dapat diubah.


Translate, Rotate, dan Scale

Ketiga menu diatas adalah menu dasar untuk memodifikasi kenampakan objek. Translate berarti keberadaan objek dalam bidang 3D, rotate berarti kemiringan objek / perputaran objek, dan scale berarti ukuran objek terhadap ukuran mula-mula. Ketiga menu diatas memiliki submenu yang berisi nilai untuk setiap sumbu, seperti translateX untuk kordinat benda pada sumbu X, rotateY untuk perputaran objek pada sumbu Y, dan scaleZ untuk ukuran objek pada sumbu Z.

Khusus untuk scale, setiap objek setelah dibuat maka nilai untuk scale xyz akan bernilai 1. Nilai 1 ini adalah besar benda sekarang terhadap besar benda mula mula. Contohnya jika kita membuat kubus dengan ukuran 10 X 10 X 10 (10X, 10Y, 10Z) di tempat manapun, nilai dari scale akan selalu bernilai 1. Jika kubus ini diperkecil dengan Scale tool, maka scale dari kubus tersebut akan bernilai < 1 yang berarti benda diperkecil dari objek mula mula.

5 komentar: