Sabtu, 29 Maret 2014

3. Navigasi antarmuka (UI Navigation)

Sekarang saya akan membahas tentang navigasi, seperti zoom, orbit, pan, dan juga navigasi yang lain. Sebelumnya saya tidak memposting cukup lama karena lagi ujian mid. Mohon dimaklumi :)

Oke, langsung saja

1. Pan, Orbit, dan Zoom
Autodesk Maya memberikan kemudahan dalam navigasi dalam 3D view. Kemudahan ini disebabkan karena untuk menggunakan pan, orbit dan zoom, kita hanya perlu menahan tombol Alt lalu ditambah dengan tombol tengah pada mouse untuk pan, tombol kiri pada mouse untuk pan, dan tombol kanan untuk zoom. Jadi kombinasinya adalah Alt+Tombol Kiri (Orbit), Alt+Tombol Tengah (Pan), dan Alt+Tombol Kanan (Zoom).

2. HUD (Head Up Display)
Dalam 3D view, kita dapat melihat jumlah polygon atau vertex, besar FPS, dan hal lainnya. Opsi ini dapat diakses di main menu bar > Display -> Heads Up Display.

4. Hotbox
Dengan menekan dan menahan tombol Space, maka akan muncul semua menu yang ada dalam Maya. Mulai dari menu di main menu bar, dan juga menu di seluruh mode (animation, polygon, surfaces, dll). Untuk menggunakan atau memilih tool, atau menu, sambil menahan space klik dan tahan menu yang akan dipilih, maka akan muncul bagian dari menu tersebut. Masih menahan, gerakkan kursor ke submenu tersebut, dan akan muncul bagian dari submenu tersebut. Lakukan terus hal tadi sampai didapat menu atau tool yang ingin digunakan dan posisikan kursor di menu tersebut lalu lepas mouse. Maka tool tersebut akan digunakan.

5. Ganti antar panel
Jika anda memilih untuk menggunakan panel (3D View) yang lebih dari satu, maka untuk berpindah dari panel ke panel yang lain, cukup menekan space, lalu akan muncul seluruh panel yang ada. Posisikan kursor ke panel yang lain lalu tekan space lagi, maka anda akan berada di panel tersebut. Plihan panel ini dapat ditemukan di menu Panel (pada 3D View) -> Layouts / Saved Layouts. Layouts berisi pengaturan untuk menggunakan 1 panel, 2 panel, sampai 4 panel dengan posisi yang bersusun atau yang berdampingan. Sementara Saved Layouts berisi tipe-tipe layout dan jenis panelnya yang telah tersedia. Misalnya ada layout Persp/UV Texture Editor, layout ini akan menampilkan panel perspective dan panel UV Texture Editor secara berdampingan.


Oke, sekian panduan pada bagian ketiga ini. Bila ada kata yang tidak dimengerti silahkan bertanya. Terima Kasih!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar